Hasil OSN X Manado (2011)

by Jumat, Desember 30, 2011 11 komentar

DOWNLOAD :
Emas, Perak, Perunggu
Astronomi, Biologi, Ekonomi, Fisika, Geosains, Kimia, Komputer, Matematika
Rekapitulasi Provinsi
Per-jenjang


(Link download sudah outdated. Silahkan cari di sumber lain)






~~Sedikit cerita dari Manado~~


OSN X dilaksanakan di Manado pada tanggal 11-15 September 2011. Mungkin bisa dikatakan ini merupakan minggu-minggu yang paling menyenangkan dalam hidup saya. Itu juga pertama kalinya bagi saya menginjakkan kaki di pulau Sulawesi. Kota dengan kontur permukaan yang berbukit, terletak di tepi pantai, orang-orangnya yang ramah, dan kedatangan kami pun disambut oleh patung Yesus Memberkati. mirip dengan patung di kota Rio de Janeiro, Brasil, walaupun saya sendiri belum pernah pergi kesana.


Tes Biologi sendiri dilaksanakan di SMA Lokon st. Nikolaus, di Tomohon. Terletak di kaki gunung Lokon, dengan suasananya yang sangat adem, damai, sejuk dan hijau.. (what a wonderful experience)


   
ini dia SMA Lokon, tempat anak-anak BIO bertarung
koleksi foto ini saya dapat dari Kevin, siswa SMA Lokon (thx kev..)

Sedikit menyinggung tentang pertarungannya. Untuk tesnya sendiri, dilaksanakan selama 2 hari, hari pertama tes praktikum, dan hari kedua tes teori. Untuk tes praktikum mengusung beberapa tema diantaranya Anfiswan, Anfistum, Bioselmolekuler dan Ekologi. Sedikit saya beberkan apa-apa saja yang kami lakukan; ada permainan dengan Elektroforesis untuk penentuan enzim restriksi, Analisa komponen darah, ELISA (Enzyme-Linked Immunosorbent Assay), Kromatografi pigmen fotosintesis, Respirometer untuk proses fermentasi, dll.

And the result...




Khususnya tim dari Aceh, kami (hanya) beranggotakan 14 orang, sangat sedikit jika dibandingkan dengan provinsi lain. Dengan hasil berupa 5 buah medali dari SMA yang semuanya perunggu, didapat dari 2 Astronomi (Muhammad Nizami & Resty Fajrina), 1 Fisika (Hafidz Dezulfakar), 1 Biologi (Irham Kasyful) dan 1 Komputer (Muhammad Luthfi), hasil yang cukup memuaskan untuk perkembangan Aceh di ajang OSN ini. Semoga saja untuk tahun ke depannya bisa lebih baik lagi.


Dan, saya sangat bersyukur, Alhamdulillah, karena izin Allah makanya saya bisa sejauh ini dan akhirnya bisa menutup perjalanan olimpiade saya dengan sebuah medali perunggu dan sebuah cerita yang menyenangkan.
Saya berharap di masa depan nanti bisa kembali lagi ke Manado untuk mengenang semuanya..

"GOOD BYE OSN..." 

Irham Kasyful

Author

INTJ. Cherish your life and let's make this world a better place

11 komentar:

  1. bagi anak anak yang belum dapat medali ga ada gan pengumuman yang menyebutkan kami peringkat berapa?

    BalasHapus
  2. gak ada gan. thn lalu pun gak ada. kecuali biologi. itu kebijakan tiap tim juri per matapelajrn..

    BalasHapus
  3. yaa.. makasi bi..

    "PLEASE WELCOME"
    a personal appeal from admin

    BalasHapus
  4. audric kenny tedja25 Januari 2012 pukul 20.28

    saya peserta bio yang tidak dapat medali melihat daftar rangkingnya di mana yah? makasih

    BalasHapus
  5. Ham.. ngelanjut kmana rencananya?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. ADMIN
    @audric kenny tedja :
    iya nih, ak juga bingung.. padahal thn lalu ada tuh.. tanya deh sama org tobinya...

    km yg dari jakarta ya?
    :D

    BalasHapus
  8. @bg udin :
    di indonesia aja bi..
    mungkin ngejar kedokteran..
    doain bi smoga bisa lolos...

    BalasHapus
  9. audric kenny tedja21 Maret 2012 pukul 19.40

    iyaaa kak makanya saya juga bingung, bukan kak saya dari Riau hehehe

    BalasHapus
  10. keren banget suka deh baca di blog ini

    Elever

    BalasHapus