Koleksi Genom Manusia (Human Genome Project's Draft)

by Senin, November 15, 2010 1 komentar

Dimulai pada tahun 1990 dan saat ini telah selesai dipetakan. Akhirnya HUMAN GENOME PROJECT / HGP (atau Proyek Genom Manusia) telah dapat kita lihat hasilnya.
Untuk mengetahui apa itu HGP? Lihat di wikipedianya di : Human Genome Project


Tujuan dari HGP ini adalah untuk memetakan gen pada kromosom manusia yang sebelumnya masih tidak diketahui. Hasil dari penelitian ini nantinya akan memberikan kontribusi besar dalam segala usaha yang berkaitan dengan Biomolekuler dan Genetika, dan pastinya akan ada dampak yang luar biasa pada Rekayasa Genetika. Sekaligus menambah koleksi dari Perpustakaan Genom.

Tujuan dari proyek HGP ini untuk mengetahui fungsi dari tiap-tiap urutan DNA yang dulunya hanya berupa urutan-urutan basa acak A,T,G,C menjadi sebuah informasi yang dapat diketahui dan dipahami masing-masing fungsi beserta urutannya. Logikanya Seperti membuka inti ‘source code’ dari sebuah aplikasi komputer yang berisi huruf dengan “bahasa pemograman” sehingga dapat dibaca, untuk selanjutnya ditentukan fungsi dari masing-masing baris dari kode-kode tersebut.

Berikut daftar kromosom dan gen-gen yang dikandung masing-masing :



                 



*keterangan : 
       Red. The centromere, or constricted portion, of each chromosome.
       Yellow. Chromosomal regions that vary in staining intensity and are sometimes called heterochromatin
         (meaning "different color").


           Magenta and green. These regions reflect the unique patterns of light and dark bands seen on human


          chromosomes that have been stained to allow viewing through a light microscope.


Ada 2 tahap dalam proyek HGP ini. Tahap 1 adalah menentukan sekuens pasangan basa (A T G C ) dari tiap-tiap kromosom (biasanya dengan metode SANGER). Tahap 2 adalah mengetahui ekspresi yang dihasilkan dari sekuen-sekuen tersebut sehingga mengetahui region apa beserta fungsinya untuk apa).

Meskipun yang dilihat ini adalah bentuk disederhanakan yang aslinya berisi data-data beserta lokus gen yang lebih kompleks



reference : 



The official website and information about HUMAN GENOME PROJECT


Irham Kasyful

Author

INTJ. Cherish your life and let's make this world a better place

1 komentar: