Ayo Belajar Mendesain Model 3-D dengan Google SketchUP

by Sabtu, Juli 10, 2010 3 komentar

Berbicara masalah arsitektur, mungkin telah banyak program yang menawarkan kemampuan merakit model 3D, (atau yang biasa kita sebut dengan CAD (Computer aided Design). Contohnya saja yang paling terkenal adalah AutoCAD, 3DMax, dll. Akan tetapi tahukah anda bahwa mendesainnya tidak segampang yang anda bayangkan karena tak diragukan lagi memang sungguh kompleksnya program-program tersebut yang dilengkapi tombol-tombol aneh..

Tapi, sekarang saya menawarkan sebuah solusi bahwa "Google sudah mengembangkan program 3Dnya yang mudah dipelajari dan digunakan oleh siapapun, namanya adalah Google SketchUP". Dengan program ini, siapapun saya rasa tidak akan mengalami kesulitan dalam mencoba merancang modelnya. Saya rasa SketchUp adalah program terhebat yang dapat dikatakan sebagai program desainer 3D untuk pemula.



Selain itu SketchUp memiliki beberapa keunggulan daripada software-software berbasis 3D lain. Diantaranya: programnya free, memory yang dibutuhkan tidak banyak, penggunaanya lebih simpel serta penampilannya tidak rumit. Nilai tambahnya juga, karena setiap pengguna sketchup bisa men-share hasil rancangan mereka dan berbagi dengan orang di seluruh dunia, dengan cara memasukkan (mengupload) model arsitekturnya ke 3D Warehouse. Dan dari 3d Warehouse ini juga anda bisa mendownload model-model arsitektur orang lain. Sehingga setiap orang bisa berbagi karyanya ataupun mencoba karya milik orang lain.


Untuk lebih jelasnya, download saja langsung program SketchUp di
http://www.google.com/sketchup/download/gsu.html

Jangan lupa kunjungi juga 3D Warehouse untuk melihat model-model dari seluruh dunia, di :
http://sketchup.google.com/3dwarehouse




































.

Irham Kasyful

Author

INTJ. Cherish your life and let's make this world a better place

3 komentar:

  1. mantaaaaap..,,,,!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  2. irham, coba buat model sekolahmu, trus masukin 3d Warehouse, kalo diterima bisa pamer di Google Earth

    btw, di banda aceh uda ada model baiturrahman

    BalasHapus
  3. Lebih baik pake Blender,
    daripada Pake GSketchUp,
    untuk orang yg Fakir koneksi internet sperti saya ini.
    apalagi blender itu opensource.

    BalasHapus