Tips Mudah Belajar Biologi dengan Video Animasi

by Sabtu, Juni 26, 2010 5 komentar

Bagi yang lagi belajar biologi, dan kesulitan memahami konsep, ada baiknya kamu menggunakan sarana teknologi untuk mempermudah belajarmu. Yaitu dengan menggunakan “Video”. Saya telah membuktikannya sendiri bahwa dengan menonton video maka teori akan langsung diterima ke otak, karena proses penghapalan akan digantikan dengan pemahaman sehingga terasa sangat memudahkan (Ingat! Kata2 yang sering dibilang guru Biologi, “Biologi itu butuh pemahaman bukan hapalan”). Jadi Saya sarankan bagi anda yang kesulitan memahami materi silahkan kunjungi Youtube dan search materi yang anda inginkan. Sebagai tambahan, dibawah, saya sertakan juga website penyedia video materi selain youtube.


Menurut saya ada beberapa materi yang cocok dipelajari lewat animasi, seperti : metabolisme (dari respirasinya yang terbagi 3, dan fotosintesisnya terbagi 2, dan masing2 yang cukup rumit), mengenai genetika (dari transkripsi, translasi, terutama Central Dogma), proses kontraksi otot, transportasi tumbuhan, dll. Sebenarnya kalau semua materi yang ada diperlihatkan videonya pasti menarik. Langsung saja, Ini Website penyedianya :


  • www.ndsu.edu , sebenarnya ini adalah website North Dakota State University, tapi mereka mengizinkan para membernya untuk mengunduh video asalkan tidak dipublikasikan. Sehingga, kalau mau download, harus daftar dulu, gratis kok. Menurut saya, konsep yang diberikan disini sangat bagus, jadi setimpal lah dengan repot2 daftarnya.
  • nhscience , di website ini ada banyak sekali, bahkan ada pun yang berformat flash (.swf)
  • mcGraw-Hill , sebagai info : mcGraw-Hill telah menerbitkan beragam buku biologi dalam bahasa inggris, dengan kualitas yang luar biasa, yang buku mereka telah digunakan oleh di universitas dan olimpiade

Sekian dulu, Kalau ada yang baru nanti saya tambah lagi. Juga untuk anda sekalian yang punya Website penyedia video juga, dimohon untuk berkenan memposting di komentar agar kita semua bisa berbagi bersama...

Irham Kasyful

Author

INTJ. Cherish your life and let's make this world a better place

5 komentar:

  1. cara nya download dr mcgraw hill gmn?

    BalasHapus
  2. @anonim : kalau kamu punya addon grease monkey di firefox atau program downloader, kamu bisa ngedownload flashnya otomatis.. Atau search di youtube tentang mCrawHill pasti nemu kok..

    BalasHapus
  3. trimakasih atas infonya, semoga berguna buat saya dan anak didik.

    BalasHapus
  4. trimakasih atas infonya, semoga berguna buat saya dan anak didik.

    BalasHapus